Wisuda Imunisasi Baduta Sebagai Wujud Tanggung Jawab Ibu Menjalankan Kewajiban Menjaga Kesehatan Anak Dengan Imunisasi (WISATA)

  • Whatsapp

TOPIKterkini.id. Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Takalar baru baru ini menghadiri wisuda 20 Baduta di UPT Puskesmas Polongbangkeng Utara.

Prosesi wisuda dilaksanakan untuk 20 anak berusia di bawah dua tahun yang telah mendapat imunisasi dasar lengkap serta Imunisasi DPT dan HIb Lanjutan di 7 Kelurahan/Desa Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar

Prosesi wisuda dilaksanakan sebagai wujud apresiasi bagi kerjasama orangtua dan anak mengikuti program imunisasi.
Pada kesempatan tersebut, anak-anak dikalungi pin tanda Wisuda, mendapat bingkisan dan sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah mendapat semua imunisasi dasar.
Ibu Kepala UPT Puskesmas Polongbangkeng Utara dalam sambutannya mengatakan bahwa Tujuan dari Pelaksanaan Inovasi WISAT POLUT ini (Wisuda imunisasi baduTA POLongbangkeng UTara agar ibu ibu termotivasi untuk membawa anaknya ke Posyandu untuk dipantau pertumbuhan dan perkembangannya serta mendapatkan Imunisasi dasar lengkap yang bermuara pada Peningkatan Cakupan Imunisasi baik di tingkat Kecamatan maupun di Tingkat Kabupaten.

Dalam sambutannya ibu Ketua TP PKK Kab. Takalar DR. HJ. Irma Andriani, S.Pi, M. Si mengapresiasi kegiatan inovasi WISATA POLUT ini dan kegiatan Wisuda Imunisasi Baduta sebagai wujud tanggung jawab kita sebagai seorang ibu yang telah menjalankan salah satu kewajiban kita yaitu menjaga kesehatan anak dengan Imunisasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar dr. Hj. Nilal Fauziah, M. Kes menyatakan bahwa kegiatan ini perlu dimasukkan kedalam agenda Tahunan Puskesmas sehingga cakupan Imunisasi Tingkat Kabupaten juga akan meningkat.

Dikatakan bahwa imunisasi dasar lengkap mencakup pemberian imunisasi Hepatitis B (HB-0) saat bayi berusia kurang dari 24 jam; BCG dan Polio pada usia satu bulan; imunisasi DPT-HB-Hib 1 dan Polio pada usia dua bulan; DPT-HB-Hib 2 dan Polio 3 pada usia tiga bulan; DPT-HB-Hib 3, Polio 4 dan IPV atau Polio suntik pada usia empat bulan; serta Campak atau MR pada usia sembilan bulan.
Dikatakan bahwa selain peningkatan sosialisasi mengenai pentingnya imunisasi, menurut Pj. Program Imunisasi Puskesmas Polut Hj. Kasturi. A. Md. Keb, prosesi wisuda itu membantu memotivasi orangtua memastikan anaknya mendapatkan imunisasi dasar lengkap

Penulis : Ibrahim (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *