Tidak Ada Penantang di Pilkada Gowa, Adnan Purichta Ihsan-Abd.Rauf Malaganni Kr.Kio, Lawan Kotak Kosong

  • Whatsapp

Gowa Topikterkini.id, Luar biasa dan unik memang pemilihan calon Bupati-Wakil Bupati, Cabup-Cawabup di Kabupaten yang berjuluk Gowa Bersejarah periode 2020-2025 sudah dapat dipastikan calon tunggal, H.Adnan Purichta Ichsan, SH, MH tetap paket ideal, H.Abd.Rauf Malaganni, S.Sos, M.Si tanpa ada figur dan Tokoh Parpol yang berani melawan dalam perhelatan pesta demokrasi yang dijadwalkan KPU 9 Desember 2020.

Kabupaten Gowa yang potensial dan segudang intelektual, politisi, cendekiawan yang cerdas dan leadership.

Lalu benarkah Kabupaten Gowa krisis kepemimpinan dan tak ada figur-Tokoh (dedengkot) Partai Politik (Parpol) utamanya 9 Parpol yang memiliki kursi di Parlemen Gowa.
Beragam latar-belakang ketokohan memberikan tanggapan dan penilaian berbeda-beda.
Sedikitnya, 6 Tokoh elemen masyarakat berturut turut, Ust.Amiruddin Bakri, S.Ag (pemuka agama,da’i),mengomentari petahana H.Adnan Purichta Ichsan-H.Abd.Rauf Malaganni yang dipastikan calon tunggal VS kotak kosong (koko).

Keenam Tokoh tersebut masing-masing ; Ust.H.Amiruddin Bakri, S.Ag dari Lembaga Da’wah Khusus Pimpinan Pusat Muhammadiyah Wilayah Sulsel, H.Abd.Rachman Siama (Tokoh Massyarakat), Rachmat Dg Jarung (Angkatan Muda), Muchtar Mahmud Naba (Aktivis LSM-Jurnalis), Haeruddin Hanilu (Ketua PAC Bontonompo dan Drs.Agusssalim, MM (Sekretaris PKB Gowa).
Pandangan Ust.Panjang sapaan H. Amiruddin Bakri menyebutkan, calon Bupati dan Wakil Bupati petahana sosok pribadi dan kepemimpinannya merakyat, komunikatif dan berhasil membangun Gowa dalam aspek kehidupan rakyat utamanya soal keagamaan dan pendidikan, tidak bangga dan tak tepuk dada (taena-naborro, taena-narewa Mak).

Menurutnya, tidak muncul figur dan tokoh politik yang melawan, rival dalam perhelatan demokrasi pilbub-wakil Bupati mendatang.
Sementara Sekretaris PKB Gowa, Drs Agussalim, MM mengatakan, Partainya yang survei dan merekrut Cabup-Cawabup, memang H Adnan Purichta, SH, MH-H.Abd Rauf Malaganni, S Sos, M.Si yang memperoleh hasil angka penilaian tertinggi dan mungkin pula hasil penilaian Partai lain tanpa mencampuri urusan intern Partai masing masing.
Lain halnya pandangan dan penilaian Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Bontonompo, Haeruddin Hanilu Daeng Nassa.
Menurutnya, di Kabupaten Gowa terdapat sejumlah figur yang berpotensi memimpin Gowa dibuktikan dengan pendaftar di Demokrat dari Tokoh masyarakat yang mengikuti fit and proper tes yang diselenggarakan DPD Wilayah Demokrat Provinsi Sulawesi Selatan antara lain, DR.H Hasan Hasyim, DR.Daeng Cora, Haeria dan H Adnan Purichta Ichsan.
Ternyata dalam suasana dan hasil fit and proper tes, H Adnan Purichta Ichsan yang handal dan unggul di Clarion, Makasar. Ujarnya.
Sedangkan Rakmat Dg.Jarung bersama H.Abd.Rachman Dg Siama satu penilaian dan pandangan sosok kepemimpinan incumbent, H.Adnan Purichta Ichsan-H.Abd Rauf Malaganni Kr Kio.
Menurutnya, belum ada yang bisa menandingi dalam membangun Gowa dan kedekatan dengan seluruh lapisan masyarakat tanpa sekat sekat termasuk mengedepankan budaya, “sipakatau dan sipakalabbiri,” ujar Daeng Siama yang diamini Daeng Jarung.
Pandangan dan penilaian terakhir dari aktivis, LSM dan Jurnalis, Muchtar Mahmud Daeng Naba, mengatakan, tidak jauh berbeda dengan teman-teman dalam konteks calon tunggal VS KK, namun yang mesti diwaspadai dan di genjot, partisipasi wajib pilih yang diupayakan maksimal 80-90 %, tak ada dan menghindari golongan putih (golput), peran dan tugas KPU dan aparat pemerintah terendah, semoga.

Burnas-Omank
Maggarisi Saiyye

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *