Soal Ulangan Semester Murid SD, Ternyata Rp.1 M lebih Dana BOS Setiap Tahunnya Nyangkut Di Dinas Pendidikan

  • Whatsapp

Takalar TOPIKterkini.id –¬†Pembuatan soal ulangan semester murid SD ibarat bisnis terselubung karena dilakukan pihak Dinas Pendidikan tanpa persetujuan Kepala Sekolah Apalagi ketentuannya harus dilakukan Kepala SD sendiri. Bisnis terlarang ini sudah lama berlangsung di dalam tubuh Dinas Pendidikan Nasioanl Kabuapten Takalar Sulawesi Selatan, namun tak ada Kepala SD yang berani buka mulut karena takut akan resikonya. Tetapi setelah Kepala Dinas Pendidikan, Darwis S.Pd MM dicopot dari jabatannya membuat sebagian Kepala SD berani bicara.
Namun masih tetap juga minta jati dirinya tidak disebut.

Seperti diberitakan media ini sebelumnya bahwa pembuatan soal ulangan semester diambil alih Dinas Pendidikan setempat tetapi bukan berarti tanpa pamri melainkan harga dipatok Rp.35.000.000,- per murid. Padahal sumber TOPIKterkini mengatakan bahwa biaya pengadaan soal untuk satu siswa tidak sampai menghabiskan uang Rp.10.000,- artinya Rp.25.000.000,- nyangkut di Dinas Pendidikan.

Rp.25.000.000,- yang nyangkut di Dinas Pendidikan kata sumber dikali rata rata 100 murid dari 236 SD = 23.600 murid, hasilnya mencapai Rp.590 juta per semester tetapi setahun 2 semester maka hasilnya di kali 2 menjadi Rp.1.180.000.000,- apalagi ada juga sekolah muridnya diatas 100 atau sampai 300
Sebuah bisnis yang pengahsilannya terlampau besar tanpa mengeluarkan keringat kemudian nyangkut di Dinas Pendidikan untuk oknum oknum tertentu. Tetapi sangat disayangkan karena sesuatu yang diketahui bahwa bisnis semacam ini sesungguhnya pantang dilakukan terlebih Pejabat Dinas Pendidikan. Betapa tidak karena pembuatan soal ulangan semeseter sesungguhnya tugas guru itu sendiri.
Seperti diberitakan sebelumnya bahwa bagaimana murid bisa menjawab kalau soal yang dibagikan, tidak pernah dipelajari. Idealnya kata sumber adalah soal ulangan harus dibuat guru itu sendiri, bukan staf Dinas, kecuali untuk ujian Nasional.

Oleh karena itu selain untuk memperkecil pengeluaran Kepala Sekolah juga asas mamfaat dari soal tersebut, sekali lagi sejumlah Kepala SD mohon pembuatan soal ulangan, dikembalikan kepada para Kepala Sekolah
Darwis S.Pd MM yang berusaha dikonfirmasi tidak berhasil

Penulis : Hasdar Sikki
Editor : Maggarisi Saiyye

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *