Soal Ujian Semister Dikeluhkan Kepala SD

  • Whatsapp
  • TOPIKterkini.id. Jika soal ujian semister murid Sekolah Dasar dibuat oleh non guru, maka tidak berlebihan kalau menjadi keluhan banyak pihak. Karena bisa saja soal dibuat tidak pernah dipelajari murid, akibatnya berpeluang menyusahkan murid itu sendiri.
    Sumber TOPIKterkini mengatakan bahwa kalaupun sudah dipelajari murid kemudian tidak bisa dijawab, berarti kesalahan murid itu sendiri. Lain hal kalau sesuatu yang tidak pernah dipelajari kemudian tidak mampu dijawab, itu bukan kesalahan murid.
    Seperti soal ujian semisteri murid SD di Takalar Sulawesi Selatan beberapa tahun berjalan dibuat oleh Dinas Pendidikan setempat, padahal untuk menjawab sesuatu paling tidak pernah dilihat atau kalau murid SD setidaknya nanti pernah dipelajari. Oleh karena itu selama pembuatan soal diambil alih Dinas, murid merasa kesulitan memberikan jawaban

Penomena tersebut dibenarkan beberapa guru kepada TOPIKterkini mengatakan bahwa rasionalnya pertanyaan atau soal adalah dari sesuatu yang pernah dipelajari.
Apalagi murid SD yang tingkat pengetahuannya masih sangat sempit sehingga untuk menjawab sesuatu yang tidak pernah dipelajari adalah sesuatu yang mustahil.
Orang dewasa saja kadang kadang sulit menjawab sesuatu yang tidak pernah dilihat. Oleh karena itu sejumlah Kepala SD minta kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Takalar yang baru, Muh.Rusdi S.Sos agar pembuatan soal ujian semister dapat dikembalikan ke sekolah masing masing.
Alasan lain adalah biaya pembuatan soal ujian semister yang harus disetor Kepala SD terlalu tinggi ibarat mencekik leher.
Bisa dibayangkan betapa besar rupiah yang dikumpulkan Dinas Pendidikan setiap semister karena jumlah SD mencapai 236 dikali rata rata 100 murid, totalnya mencapai 20.300 murid, dikali Rp.35.000,- menghasilkan Rp. 710.500.000,-
apalagi ada juga SD muridnya sampai 300
Kalau biaya pembuatan soal ujian persiswa yang harus dikeluarkan Kepala Sekolah mencapai Rp.35.000
sesuatu yang sangat tidak rasional karena biaya pembuatan soal persiswa maksimal Rp.10.000,-
Beberapa guru SD kepada TOPIKterkini mengaku bukan hanya pembuatan soal ujian semister yang dibayai tetapi masih banyak yang lainnya sehingga menjadi beban berat setiap semister

Penulis : Hasdar Sikki
Editor : Maggarisi Saiyye

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *