Pj.Kepala Desa Kalenna Bontomangape Galesong, Berhasil Menciptakan Terobosan Replikasi Inovasi “Buah Sabar” Pembuangan Air Limbah Sederhana

  • Whatsapp

Takalar Topikterkini.id, Di Desa kalenna bontomangape kecamatan galesong kabupaten takalar sulawesi selatan oleh pj. kepala desa bekerjasama dengan puskesmas setempat, berhasil menciptakan terobosan baru yakni replika inovasi “buah sabar” (pembuangan air limbah sederhana dan bermanfaat) dan sudah diresmikan baru-baru ini oleh ketua tim penggerak PKK kabupaten takalar, DR.Hj.Irma Andriani,
S.Pi. M.Si tepatnya di dusun sapiria

Ketua tim penggerak PKK sekaligus ketua forum kabupaten sehat saat meresmikan replikasi inovasi  buah sabar mengatakan bahwa, terobosan ini sebagai salah satu upaya agar masyarakat tetap hidup sehat dan bersih secara mandiri meskipun berada di tengah pandemi.
Buah sabar telah terseleksi ke dalam 99 top inovasi di Indonesia pada tahun 2018.

Dikatakan bahwa sudah saatnya inovasi “buah sabar” dari desa surulangi kecamatan polombangkeng selatan direplikasi oleh seluruh desa dan kelurahan.
Sedangkan PKM bulukunyi yang merupakan replikasi pertama dari buah sabar.
Dan desa kalena bontomangape seyogianya diapresiasi karena mencoba menerapkan inovasi ini secara mandiri,”imbuhnya.

Ditengah masyarakat Hj.Irma menghimbau agar tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga kesehatan serta meningkatkan imun tubuh sehingga tidak mudah terpapar covid-19.

Hj.Irma berharap inovasi “buah sabar” ini bisa diaplikasi oleh semua warga dalam rangka mewujudkan takalar yang sehat, bersih, aman dan nyaman.

Sementara kepala dinas kesehatan kabupaten takalar, dr. Hj. Rahmawati, S.Ked, Sp. P. A,M.Kes. menjelaskan bahwa peresmian inovasi “buah sabar”  sebagai rangkaian dari hari jadi ke-61 kabupaten takalar adalah sudah ada 5 titik pembuatan limbah di dusun sapiria dan akan ditambah lagi titiknya sehingga masyarakat dapat tetap hidup sehat.

Tentunya dengan pembuatan limbah katanya, banyak masyarakat yang merasa senang karena lingkungannya menjadi bersih sehingga dapat hidup dengan bersih dan nyaman pula

Sedangkan Pj. kepala desa kalenna bontomangape, Jalaluddin, S. Sos mengemukakan bahwa inovasi replikasi pembuangan air limbah ini adalah sebuah sistem yang diterapkan kepada masyarakat khususnya di desa yang dipimpin, apalagi dimusim hujan saat ini kadang air limbah masyarakat tergenang

Namun dengan adanya replika inovasi ini air limbah masyarakat ditampung dalam wadah itu

Dijelaskan pula bahwa masyarakat sangat merasakan manfaatnya dari pembuatan saluran limbah ini karena air dari saluran pembuangan limbah masyarakat terpusat disatu tempat dan tidak mengalir kemana-mana sehingga pekarangan rumah tetap kering serta bersih dan kotoran dari sisa-sisa makanan tidak berhamburan dan bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak.

Dalam kesempatan tersebut ketua forum kabupaten sehat bersama tim pembina KKS  kabupaten takalar juga memberikan ucapan selamat hari jadi ke 61 dan mengiringinya dengan doa dan harapan agar takalar menjadi kabupaten yang unggul, kreatif dan inovatif.

Maggarisi Saiyye

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *