Pengelolah Tambang C Di Bantinoto 2 Disorot Publik Salah gunakan izin

  • Whatsapp

TAKALAR,TOPIKterkini.id – Pengelolah tambang galian C yang sedang beroperasi di lingkungan Bantinoto 2 Kel. Bontokadatto, Kec. Polongbangkeng selatan Kab. Takalar SulSel, diduga salah penggunaan izin tambang, sebab yang seharusnya mengolah tambang lahan pemukiman, sedangkan yang diolahnya tambang C.

Hal itu dapat tergambarkan dengan jelas, seiring adanya penjelasan dari mantan Lurah Bontokadatto, Abd. Rajab bahwa permohonan atau rekomendasi yang di tandatanganinya saat itu adalah izin tambang pemanfaatan lahan pemungkiman bukan izin tambang galian C.

“Seandainya yang di mohonkan saat itu untuk izin tambang galian C, maka saya tidak mau tandatangani permohonan persyaratannya untuk menlanjutkan kepengurusan izinnyaya di provinsi”, Kata mantan Lurah.

Lanjut dikatakannya, bahwa jika kegiatan di lokasi tambang yang diolahnya adalah dengan galiang sampai kedalaman hingga 5 meteran, maka itu sudah menyalahi tidak sesui dengan izin tambang yang dimilikinya itu. Jelasnya.

Pemilik tambang galian C batu gunung dan tanah timbunan, H. Jarung yang ditemui di ruang pelayanan samsat Takalar 31/5/2019 membenarkan kalau yang ditandatangani mantan Lurah, Abd Rajab waktu itu, adalah memang hanya izin tambang pengolahan pemanfaatan pemungkiman, namun kalau saya tidak menggalih maka saya tidak dapat apa apa. Katanya.

Dan juga dikatakanya, bahwa jauh sebelumnya awal pengurusan izin tambang, permohanan saya sudah di tandatangani duluan oleh mantan lurah Bontokadatto Ardi. Sedangkan yang ditandatangani Abd rajab, itu cuma kelengkapan keluarnya izin tambang saya di provinsi.

Mengenai dengan galian itu nantinya akan diratakan dan dijadikannya pemungkiman jika kepala lingkungan Bantinoto 2, H. Tonang memberikan akses jalanan kelokasi tersebut.

Merekapun menyampaikan hal keluhan warga mengenai beceknya jalanan tersebut, itu bukan dampak dari tambang saya sendiri, melainkan ada beberapa tambang yang beroperasi juga di lingkungan balang 1 yang lebih jauh kedalam dari lokasi tambang saya lebih banyak mobil kesana membuat tambah becek dan merusak jalanan pungkasnya.

Sekaitan dengan hal di atas, sejumlah warga setempat berharap, agar pihak yang berwajib segera turun melakukan penyelidikan izin yang dimiliki pengelola tambang jika terbukti izin tambang yang dimilikinya tidak sesuai dengan kegiatannya, supaya pihak polres Takalar segera memprosesnya sesui hukum berlaku.

(Hamzar siswa)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *