Mancing dan Masak Ambu di Luaor Majene Patuhi Protkes

  • Whatsapp

Majene Topikterkini.id, Bersaing diantara 60 orang peserta yang mengikuti lomba Mancing Ambu Attjo Sinrang Cup 1, yang dihelat di perairan Dermaga Tipalayo Luaor Desa Bonde dan Bonde Utara Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene Sulbar, mengantarkan Malik Bang Bojes, menjadi pemenang dengan meraih juara satu.

Malik menyingkirkan puluhan pesaingnya, setelah berhasil membawa hasil mancing lima ekor sang ‘predator’ ikan jenis AMBU atau orang menyebutnya Ikan BARAKOTA dengan berat 3,225 Kg.

Selain mancing, panitia kegiatan yang diketuai H.Wahyuddin, S.Pd, M.Pd, juga memperlombakan masak ikan ambu bagi kaum emak-emak yang ada di Desa Bonde.

Kegiatan yang diinisiasi sekaligus disponsori keluarga besar Andi Atjo Sinrang, dalam hal ini putra asli Luaor Majene yang sukses berkarir di lembaga peradilan sebagai pejabat negara (Hakim PN. Kelas 1 Khusus Makassar Sulsel yakni DR.H.Zulkifli Atjo, SH, MH, memperebutkan total hadiah sebesar Rp. 12 Juta plus tropy bergilir dan hadiah hiburam berupa sarung.

Didapuk memberikan sepatah kata dari panitia, Haji Zul, panggilan akrab Andi Zulkifli Atjo berharap, event ini bisa menjadi spirit dan motivasi bagi masyarakat nelayan Bonde dan Bonde Utara, untuk melestarikan dan memberdayakan potensi kearifan lokal, salah satunya dengan menunjukkan kepada publik bahwa Ikan Ambu menjadi ‘ikon’ bagi masyarakat Desa Bonde dan Kecamatan Pamboang pada umumnya.

Kepada para panitia dan terkhusus Ibu Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kab.Majene, saya ucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga tahun depan bisa berlanjut, kalau bisa Pemkab Majene dapat menjadikannya sebagai agenda rutin setiap tahun, Insya Allah saya siap kembali membantu,” janji Haji Zulkifli, musisi senior yang telah merilis puluhan lagu-lagu hits Mandar.

Sementara itu, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Majene Andi Beda Basaru, S.Sos, M.Adm.Pem, sangat mengapresiasi adanya kegiatan lomba Mancing dan Masak Ikan Ambu Atjo Sinrang Cup 1.

Kedepan tahun 2021, Dinas Pariwisata memang memprogramkan kegiatan-kegiatan positif seperti ini. Apalagi, jika kakanda (Pak DR Zulkifli Atjo) yang terlibat, saya salut dan bangga karena memberi ruang bagi masyarakat untuk menyalurkan hobbi atau bakat untuk berkreasi dan berinovasi.Jika nanti ada kegiatan lagi, tolong kami dilibatkan dan siap bekerjasama,” pungkasnya.

Semaraknya kegiatan mancing yang dihelat malam hari itu, setidaknya menjadi sarana hiburan bagi warga Luaor yang dominan menggantungkan hidup sebagai nelayan Desa Bonde Pamboang.

Semaraknya lomba mancing dan masak ikan ambu ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh panitia, termasuk tidak henti-hentinya menghimbau warga yang hadir untuk tetap mematuhi protokol kesehatan mencegah pandemi Covid-19 dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Himbauan itupun dipatuhi warga, meskipun di tengah membludaknya warga yang haus hiburan, toh ada juga yang teledot tidak mengenakan masker, sehingga panitia komit bersama menghentikan acara sebelum waktunya.

Meski begitu, secara umum kegiatan ini berjalan tertib, lancar dan kondusif.

Bahkan, beberapa anggota kepolisian dari Polsek Pamboang maupun Polres Majene, ikut menyantap sajian kuliner Ikan Ambu di teras sebuah gedung depan Dermaga Tipalayo Aluor.

Berikut para pemenang mancing yakni Juara Harapan Satu, Samsuriadi dengan berat 2,435 Kg, Juara Tiga, Hasan seberat 2,465 Kg, Juara Dua, Ali seberat 3,175 Kg dan Malik Bang Bojes seberat 3 225 Kg.

Para pemenang menerima uang tunai, tropy dan sarung yakni Juara 1 sebesar Rp. 2 juta, Juara II sebesar Rp. 1,5 juta, Juara III sebesar Rp. 1 juta dan Harapan Satu keciprat Rp.500 ribu.

Bagi pemenang lomba masak ikan ambu, juga mendapatkan hadiah dan uang tunai sama dengan nilai pemenang lomba mancing.

Burnas Omank
Maggarisi Saiyye

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *