Kabupaten Takalar, Raih Juara I Evaluasi Kinerja Penanganan Stunting Tingkat Propinsi Sulawesi Selatan, tahun 2020

  • Whatsapp

Stand pemeran kab.takalar meraih juara II lomba evakuasi kinerja pemda menurunkan angka stunting

Takalar Topikterkini.id, Berdasarkan hasil evaluasi kinerja kabupaten lokus pelaksanaan konvergensi intervensi penurunan stunting terintegrasi tingkat Propinsi Sulawesi Selatan tahun 2020 yg diumumkan melalui Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan No. 2342/X/Tahun 2020 tgl 16 Oktober 2020, Kabupaten Takalar berhasil meraih juara I setelah bersaing dengan 11 Kabupaten lainnya yang masuk nominasi.

Evaluasi kinerja konvergensi stunting tersebut berlangsung selama 4 hari baru-baru ini di Hotel Four Point, Sheraton, Makassar.
Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan dengan tema konvergensi penanganan stunting Sulawesi Selatan, tujuannya adalah untuk mengevaluasi sejauhmana kinerja Pemda lokus stunting menurunkan angka stunting di daerahnya masing-masing.

Kegiatan penilaian dan pameran ini diikuti 11 Kabupaten yang menjadi lokus penanganan stunting, yakni Kabupaten Enrekang, Bone, Gowa,Takalar, Je’neponto, Sinjai, Selayar, Pangkep, Pinrang, Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara.
Khusus Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar mengikutsertakan 6 Puskesmas lokus stunting, yakni Puskesmas Polombangkenh Utara, Pattallassang, Bontomarannu, Bulukunyi,Galesong dan Puskesmas Ko’mara.
Setiap Puskesmas menampilkan inovasinya masing-masing, diantaranya Pendekar toGammara PKM Polut dengan minuman herbal anti stunting nya, inovasi wisata (wisuda imunisasi balita) polut, inovasi bersatu Hatita PKM Galesong, kelas tesi (tetta siaga) Pattallassang, inovasi Duta Stunting TP PKK Takalar, inovasi Buah Sabar PKM Bulukunyi.

Beberapa menu makanan sehat dan minuman herbal juga disediakan di stand pameran Kabupaten Takalar, antara lain aneka kue olahan berbahan ubi, aneka buah dan kacang, minuman anti galau, minuman anti Corona dan jus kelor.

Pengunjung yang datang cukup mengisi buku tamu sudah bisa menikmati menu dan informasi yang disediakan.

Jika ingin dibawa pulang juga disediakan produk herbal buatan kader toGammara yang dijual di stand pameran sebagai salah satu Kabupaten yang kaya dengan karya inovasi, Kabupaten Takalar juga sering mengikuti ajang pameran dan mendapatkan kunjungan yang antusias sehingga stand nya selalu ramai.

Hasilnya adalah untuk kategori stand pameran, Kabupaten Takalar meraih juara II, juara I berhasil diraih oleh Kabupaten Pinrang dan juara III oleh Kabupaten Enrekang.
Selain itu Kabupaten Takalar bersama dengan Kabupaten Bone mendapat predikat Kabupaten yg Paling Inspiratif.

Kisah inspiratif ini dipresentasikan langsung oleh ketua TP PKK Kabupaten Takalar DR. Hj. Irma Andriani, S.Pi, M.Si dengan inovasi Duta Stunting nya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar, dr.Hj. Rahmawati melalui pesan singkatnya mengatakan, ” Prestasi ini diberikan kepada Pengelola Program , Kabid dan Kasi bidang Kesmas di Dinkes, Kepala Puskesmas se-KabupatenTakalar, pengelola gizi dan inovator-inavato di PKM yang telah memberikan konstribusi dan motivasi yang besar selama acara konvergensi di Makassar baru-baru.

Ibe’SKM – Maggarisi Saiyye

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *