Diduga Labrak aturan, Camat Polsel Disinyalir Pemicu Kericuhan Pencalonan Imam Lingkungan Makammu 1

  • Whatsapp

TAKALAR, PETIRNEWS.INFO-Terjadinya kericuhan yang nyaris kontak pisik pada proses pengusulan calon imam Lingkungan di Mesjid Nurul Mu’taqim, seusai shalat Jumat, 12 Februari 2021, warga setempat mensinyalir, bahwa pemicunya adalah Camat selaku pemimpin acara tersebut, karena diduga tidak konsisten pada aturan atau regulasi yang berlaku.

Kenapa tidak? Camat Polongbangkeng Selatan Kab. Takalar SulSel, H. Edy Badan dengan “lancang” merespon Ketua BPD Desa Su’rulangi sebagai calon imam Lingkungan, padahal sudah jelas ada regulasi yang mengatur, bahwa Ketua dan anggota BPD dinyatakan tidak dibolehkan merangkap jabatan Desa atau perangkat desa atau Kelurahan.

Olehnya Warga setempat berpendapat, bahwa penyebab terjadinya kericuhan dalam proses pencalonan Imam tersebut, karena H. Edi Badan selaku pimpinan acara dinilai tidak konsisten dengan aturan regulasi dan juga dia selaku Camat, tidak seharusnya tampil bertindak sebagai pimpinan dalam acara musyawarah pemilihan calon imam tersebut.

Beberapa Tokoh masyarakat setempat berpendapat, bahwa yang sepantasnya melakukan musyawarah dalam acara tersebut, adalah Lurah/Imam Lurah bersama kepala lingkungan, Tokoh agama dan Tokoh masyarakat, sedangkan camat seharusnya hanya menunggu usul dari Lurah, untuk selanjutnya ditetapkan.

Karena Camat, H. Edi Badan menerima Ketua BPD Desa Su’rulangi, Haris sebagai calon imam Lingkungan Makammu 1 dengan berbagai alasan, maka sejumlah masyarakat yang hadir saat proses pencalonan imam tersebut, menilainya, H.Edi Badan selaku Camat terlalu kasar mempertontonkan keberpihakannya kepada seorang calon dalam musyawarah tersebut.

Hal itulah yang membuat pendukung masing-masing calon menjadi ricuh, yaitu pendukung ketua BPD, hanya Moso Dg.Bonto dengan anaknya sendiri dan pendukung Muh.Ilyas Dg.Sialle ada beberapa orang yang mempertahankan calonnya kebih bersyarat dan lebih layak jadi Imam Lingkungan Makammu 1.

Hingga berita ini dipublis, camat belum berhasil dikonfirmasi.

(Hamzar Siriwa).

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *