Plt. Desa Campagaya Diduga Selewengkan 25 Juta Dana Bumdes

  • Whatsapp

TAKALAR, TOPIKTERKINI.ID– Jika peruntukan dana Bumdes yang dikucurkan pemerintah dari dana Desa adalah untuk meningkatkan kemampuan keuangan pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintahan dan meningkatkan pendapatan masyarakat melalui berbagai kegiatan usaha ekonomi masyarakat pedesaan, maka sistim di Desa Campagaya dinilai tidak sesuai harapan.

Hal itu dinilai tidak sesuai harapan pemerintah dan masyarakat, lantaran besaran jumlah dana Bumdes yang semestinya sebesar 40 juta dikelola dikembangkan oleh Ketua Bumdes, namun justru hanya sebesar 15 juta saja yang dikelola, karena 25 juta diduga diselewengkan oleh Plt Kepala Desa Campagaya Kec. Galesong, Kab. Takalar, Sul-Sel, Ilham.

Hal itu dapat tergambarkan seiring laporan masyarakat setempat menyebutkan, bahwa PLt Kepala Desa Campagaya Ilham dikabarkan raib sebahagian dana dari penyertaan BUMdes dari dana desa tahun 2019 sebesar, 40 juta.

Sumber menyebutkan, bahwa dari besaran dana 40 juta penyertaan Modal dana BUMdes tahun 2019 itu, hanya 15 juta yang diberikan kepada Ketua Bumdes untuk dikelolanya dan yang 25 juta disinyalir diraib habis oleh PLt Kepala Desa.

Sekaitan dengan itu, Ketua BUMdes Desa Campagaya Abd. Jalil, yang ditemui oleh media ini di rumahnya di Dusun Borong Taipa baru-baru ini membenarkan, kalau Penyertaan dana BUMdes tahun 2019 sebesar 40 juta namun diberikannya hanya sebesar 15 juta yang 25jm juta masih di tangan PLt. Jelasnya.

Sejalan dengan itu pula, Plt Kepala Desa Campagaya, Ilham saat ditemui di jalan poros Pattallassang depan Pomdam, mengakui dana BUMdes desanya itu 40 jt dari penyertaan modal BUMdes tahun 2019 hanya 15 juta yang diberikan kepada Ketua Bumdes Abd. Jalil yang 25 juta itu dia akui masih disimpan karena dianggap BUMdes desanya tidak ada perkembangannya.

Olehnya itu pihaknya selaku Kepala Desa tidak memberikan semua dana Bumdes tersebut, karena Bumdes yang dikelola oleh Ketua Bumdes lama, Suardi Mile dinilai macet alias tidak berkembang.

Padahal sebesar 80 juta dana Bumdes yang dikelola olah Ketua Bumdes lama, Suardi Mile sebagai kredit simpan pinjam sampai saat ini menjadi keredit macet, dan hasil PADes yang dimasukkan dalam satu tahun hanya 1 juta saja dari total 180 juta dana BUMdes yang dikelolanya.

(Hamzar Siriwa).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *