Data yang Tersedia Tidak Boleh Hanya Jadi Arsip

TAKALAR TOPIKTERKINI.ID, Penginputan data yang tepat dan bisa diakses kemudian dibagi pakaikan sangat penting sebagai salah satu bentuk penguatan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan mudah dibagi pakaikan antar instansi pemerintah.

Demikian sambutan kepala dinas kominfo-SP takalar, Syainal Mannan, S.STP, M.Si, saat membuka rapat penilaian interview evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral (EPSS) melalui platform zoom meeting di ruang rapat wakil bupati 25 Juni 2024.
Dikatakan bahwa data yang tersedia tidak boleh hanya menjadi arsip belaka, tetapi harus dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk kemajuan daerah.
Penilaian ini diharapkan menghasilkan rekomendasi untuk ditindak lanjuti oleh TPI EPSS kabupaten takalar.

Sedangkan kepala BPS takalar, Guruh Wahyu Martopo S.Si, M.Si, berharap data yang belum ter upload agar di lampirkan dan ditindaklanjuti.

ia mengaku akan segera menindaklanjuti data atau lampiran yang belum ter upload.

Berdasarkan penilaian sementara katanya berada di posisi 5 besar dan berharap naik ke posisi 3 besar.

Dalam penilaian EPSS se sulsel ia mengajak TPI EPSS untuk bekerja sama menindak lanjuti masukan dari tim penilai badan (TPB) dalam hal ini BPS kota palopo dan memasukkan data yang belum lengkap.

Masukan TPB, diharapkan agar bukti dukung yang kurang dalam EPSS di takalar dapat segera dilengkapi.

Evaluasi tahapan EPSS ini katanya menjadi momentum memastikan bahwa data statistik yang dikumpulkan tidak hanya komprehensif, tetapi juga dapat digunakan secara efektif untuk kepentingan pembangunan daerah.
Dengan kerja sama antar instansi yang solid, diharapkan hasil evaluasi ini akan memberikan kontribusi positif dalam perumusan kebijakan yang berdampak langsung pada masyarakat dan bisa meningkatkan indeks penilaian statistik kabupaten takalar.

Muliati – Maggarisi Saiyye

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *