Bumdes ma Adalah untuk Memenuhi Kebutuhan Masyarakat yang Mendasar

TAKALAR TOPIKTERKINI.ID, Pemerintah daerah kabupaten takalar dibawah kendali Setiawan Aswad terus-menerus berupaya meningkatan kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah dengan dibentuknya badan usaha milik desa bersama (Bumdes ma).

Terkait hal itu, pj bupati takalar melaksanakan rapat dengan sejumlah pimpinan OPD di ruang pimpinan lantai III kantor bupati, 23/2-2024.

Dalam rapat, Setiawan mengatakan bahwa pendirian bumdes ma ini adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang mendasar dan untuk mengembangkan potensi yang ada di desa.

Sebelumnya kita harus menyelesaikan regulasi dan kelembagaan dilanjutkan dengan rekrutmen kelembagaan atau pengurus bumdes ma (open biding) dimana akan dicantumkan di perbup bahwa untuk rekrutmen di laksanakan secara transparan.
Ia pula menambahkan bahwa secara geografis, takalar terdiri dari pegunungan dan lautan.

Untuk itu, bumdesma akan di bagi berdasarkan kategori mulai dari daerah pesisir dan daerah pegunungan, dari pengelompokan ini kita akan melihat potensi apa saja yang dimiliki setiap desa untuk dapat dikembangkan.

Dalam pelaksanaannya nanti, kata Setiawan akan dilakukan pengelompokan bumdes ma berdasarkan wilayah (di bagi per komoditi) dan akan dilakukan pemaparan profit bisnis kepada desa (pendampingan).
Dan untuk memberi pemahaman kepada kepala desa, penerapan sekolah bumdes ma harus dilakukan.

Disisi lain kita juga harus membuat strategi pemasaran dalam menjual hasil komoditi didesa.
Oleh karena itu Setiawan berharap ke depan bumdes ma dapat menjadi mitra bagi usaha-usaha yang ada di desa sehingga potensi desa dapat berkembang dan peran OPD sangat diharapkan dalam membesarkan bumdes ma.

Muliati – Maggarisi Saiyye

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *