Hari Gugurnya 2 Pahlawan Nasional Takalar di Peringati

 

TAKALAR TOPIKTERKINI.ID,
2 pahlawan nasional takalar adalah Ranggong Daeng Romo dan H.Pajonga Daeng Ngalle diperingati gugurnya 28 februari 2024 dalam bentuk
upacara di lapangan upacara kantor bupati takalar.
Pj.bupati takalar, Setiawan Aswad bersama forkopimda pimpinan OPD para camat, pemangku adat Karaeng Polongbangkeng serta ASN takalar.

Dandim 1426 Takalar Letkol Kav Nanang Sujatmiko, M.(Han) yang bertindak selaku Inspektur upacara mengatakan bahwa guna upacara tersebut adalah untuk mengenang kembali sejarah dua putra terbaik takalar, putra terbaik indonesia yaitu Ranggong Daeng Romo dan H.Padjonga Daeng Ngalle.

Kedua tokoh ini telah dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden RI setelah keduanya mencatatkan namanya dalam tinta emas sejarah perjuangan bangsa.

Dikatakan bahwa kedua tokoh ini membuktikan orang takalar bukanlah penghianat bangsa, bukan pengecut dan bukan pecundang.
Tetapi dua tokoh tersebut telah mewakafkan seluruh pikiran, tenaga, waktu bahkan jiwa dan raganya untuk tegaknya indonesia merdeka.
Lewat perjuangan dan diplomasinya mereka berdua seakan berkata bahwa inilah putra daerah yang nasionalis tulen.

Ditambahkan bahwa bukan hanya jiwa nasionalisme, tetapi juga jiwa sosial telah ditunjukkan oleh seorang Ranggong Daeng Romo yang telah kita kenal konsisten dalam memperjuangkan perasaan senasib sepenanggungan dengan sesama untuk mengubah jalan hidup menjadi lebih baik.

Demikian juga dengan H.Padjonga Daeng Ngalle, puta kelahiran polongbangkeng tahun 1901 ini dikenal sebagai pejuang yang cerdas dan pemberani.
Dia menjadikan wilayah polongbangkeng sebagai pusat gerakan menggantikan kota makassar yang pada saat itu sudah tidak aman. Polongbangkeng pun menjadi pusat kegiatan sekaligus wadah bersatunya para tokoh pemuda pejuang dari sejumlah daerah di sulawesi seperti makassar, takalar, gowa dan bantaeng.

Ini katanya adalah fakta sejarah yang tidak bisa dipungkiri, bahwasahnya takalar pernah maju melebihi daerah lainnya.

Inilah yang harus mengilhami kita untuk merefleksikannya dalam bingkai takalar maju seperti yang pernah ditunjukkan dimasa Padjonga Daeng Ngalle, katanya

Dandim Takalar berharap semoga momentum peringatan ini menjadi pelecut semangat untuk terus mendorong kita bekerja keras, bekerja tuntas dan bekerja cerdas mengisi pembangunan daerah sesuai peran dan bidang masing-masing.
Inilah wujud penghormatan dan penghargaan kita kepada jasa kedua tokoh besar ini.

Upacara tersebut dirangkaikan dengan penyerahan dua unit motor sampah dari Bank Sulselbar kepada Pemda Takalar.
Dan dilanjutkan ziarah ke taman makam pahlawan polongbangkeng dan makam pahlawan H.Padjonga Daeng Ngalle dilanjutkan dengan anjangsana ke rumah keluarga pahlawan nasional.

Maggarisi Saiyye

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *