Diharap Pahami Tugas Dan Fungsinya, Bawaslu Takalar Gelar Pelatihan Saksi

TAKALAR, TOPIKTERKINI. ID– Sebanyak 50 orang saksi dari Partai Garindra mengikuti pelatihan saksi yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, bertempat di Sekretariat Partai Garindra di jalan Malontarang Dg. Maro, Kel. Kala’biran, Kec. PAttallassang, Kab. Takalar, Sul-Sel, 2/02/2024.

Kegiatan pelatihan saksi tersebut di hadiri oleh Komisioner KPU Takalar, Muhammad Nadir s.pd, Kordiv SDM dan Parmas, Pimpinan Bawaslu Zahlul Padil S.Pd, Kordiv HP2H, Ketua Partai Garindra Kab. Takalar, H. Indar Jaya, hadir juga beberapa Ketua Panwascam dari kecamatan Galesong, Galesong selatan, Galesong utara, sanrobone serta hadir juga para peserta dari saksi gerindra dari berbagai kecamatan Se-Kabupaten Takalar.

Kegiatan pelatihan saksi tersebut di buka langsung oleh Pimpinan Bawaslu Takalar Zahlul Padil S.Pd, sekaligus memberikan sambutan kepada semua peserta yang hadir, dalam sambutanya menyampaikan bahwa Pelaksanaan Pemilu tidak terlepas dari hadirnya saksi dari partai politik yang turut memantau jalannya pencoblosan hingga perhitungan suara. Namun, sebagai saksi yang bertugas dari Partai politik (Parpol) masing-masing, sudah seharusnya mematuhi dan mengetahui prosedur peraturan berlaku.

Lanjut dijelaskannya, seseorang yang menjadi saksi dari Parpol, merupakan bagian penting dan menjadi wakil dari masing-masing Parpol atau Calon Presiden, dan DPD di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Hari pemungutan suara dan penghitungan dan rekapitulasi suara. Artinya, proses dari awal hingga akhir, harus diikuti, selain itu, aturannya harus dipahami. Perlu ada masukan, saran, kritikan bila ada kelalaian atau kejanggalan terjadi di lapangan”

Tujuan kegiatan pelatihan saksi dilaksanakan agar para saksi parpol dapat saling mengenal antar petugas KPPS, dari KPU, PTPS dari Bawaslu dan diharapkanya para saksi nantinya dapat memahami pungsi tugas kewenangan dan tanggung jawabnya sebagai saksi.

Hamzar siriwa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *