Dana Bumdes Masih Tersimpan Di Rekening, Kades Bentang Bantah Keras Tudingan Warga

TAKALAR,TOPIKTERKINI.ID– Kepala Desa Bentang Kec. Galesong Selatan Kab. Takalar Sul-Sel, Muh. Darwis membantah keras tudingan dari salah satu warganya, bahwa pihaknya telah mengambil dan memakai dana BUMDES.

Kades Muh. Darwis menjelaskan kepada Media ini Lewat via telpon selularnya, bahwa dana Bumdes tahun 2023 perbulan desember Ketua Bumdes baru saja di cairkannya sebesar 10 juta sesaui dengan permintaanya melalui propesal sisah dana penyertaan Bumdes masih utuh tersimpan di rekening Desa. Pihaknya sama sekali tidak berani mencairkan dana bumdes tersebut tanpa ada permohonan permintaan pencairan dana dari Ketua Bumdes.

Sehingga terkait adanya tuduhan, bahwa dana Bumdes dipakai oleh Kepala Desa Muh. Darwis sebesar 10 juta rupiah, itu sama sekali tidak benar, sebab dana Bumdes masih tersimpan di rekening Desa jadi itu sama sekali tidak benar dan tidak akan bisa dicairkan tanpa ada permohonan pencairan dari Ketua Bumdes.

Sejalan dengan itu, Ketua Bumdes Bentang, Askia Dg. Ngalle yang hadir dipertemuan internal di ruang Kerja kepala Desa Bentang, waktu itu mengakui pihaknya samapai saat ini belum pernah melakukan permintaan pencairan dana Bumdes tahun 2023 karena belum ada usaha yang bisa menghasilkan.

Selanjutnya bendahara Desa Bentang Alkadri juga menjelaskan, bahwa penyertaan dana bumdes yang dianggarkan di dana desa tahun 2023 sebagaimana tertuan dalam APBdes berdasarkan musdes, kemarin ketua Bundes ini sudah kita kasih dana sesuai permintaan proposalnya sebesar 10 jt

Dapat di buktikan dengan Penanda tanganan permohonan permintaan anggaran penyertaan modal bumdes Desa Bentang dan penyerahan dana bumdes tahun 2023 di ruan kerja kepala Desa, sisa dana masih ada dalam rekening Desa dan akan menjadi silpa.

Alkadri mengaku dirinya sebagai Bendahara Desa tidak berani mencairkan dana bumdes tersebut tanpa melalui persedur, yakni permohonan dari Ketua Bumdes

Mengenai dengan LPJ dana bumdes tahun 2022 diakuinya itu sudah sesaui dengan pengguanaan dana bumdes sebagaimana yang di laporkan oleh Ketua Bumdes.

Lebih Lanjut Kades Bentang Muh. Darwis bersama dengan rekan aparatnya menjelaskan bahwa dalam kepemimpinannya pihaknya bekerja sesaui dengan petunjuk juknis sebagaimana ditentukan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat pihaknya sama sekali tidak melakukan tipu tipuan dan pengelabuan terhadap rekan Kerja bawahannya mengenai pengelolaan dan pengguanaan dana Desa.

Kades Darwis menyampaikan penyertaan dana bumdes yang di anggarkan di tahun 2022 sebesar 30.000.000, sampai saat ini masih tersimpan di rekening Desa menjadi silpa.

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *