Masyarakat Marbo Terima Bantuan Budidaya Rumput Laut

Masyarakat Marbo Terima Bantuan Budidaya Rumput Laut

TAKALAR TOPIKTERKINI.ID, Pj bupati takalar didampingi pj ketua TP  PKK  menyerahkan bantuan sarana dan prasarana budidaya rumput Laut kepada masyarakat desa punaga kecamatan mangarabombang baru-baru ini.

Dalam sambutannya pj bupati mengatakan bahwa keberadaan takalar sebagai salah satu produsen rumput laut terbesar di sulsel, tentunya menjadi sebuah peluang untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Bantuan ini merupakan stimulan bagi masyarakat untuk mengembangkan usahanya sehingga dapat meningkatkan nilai produksi budidaya.

Untuk diketahui, kabupaten takalar memiliki panjang garis pantai ± 74 km dan 7 kecamatan merupakan kawasan pesisir dimana sebagian besar masyarakatnya adalah petani rumput laut.

Di 7 kecamatan tersebut dengan luas kawasan budidaya (Existing) di kecamatan mangarabombang adalah 2.110,5 ha terbagi atas luas lahan tambak kecamatan marbo yaitu 730,25 ha.

Sedangkan luas lahan rumput laut kecamatan marbo yaitu : 1.380,3 ha 40% dari luas keseluruhan kabupaten takalar.

Total luas keseluruhan kawasan budidaya ditakalar 7.584,48 ha terbagi atas luas lahan budidaya tambak dederhana yaitu 3.979,3 ha dan luas lahan budidaya rumput 3.400 ha.

Dikatakan bahwa penyerahan bantuan ini sebagai wujud komitmen pemerintah dalam pengembangan masyarakat pesisir diwilayah kabupaten takalar.

Upaya pemerintah daerah dan kepala desa tentu sangat menginginkan peningkatan ekonomi dimasyarakat serta kemandirian dalam melakukan kegiatan usaha yang tidak bersifat merusak lingkungan (destruktif) atau yang lebih kita kenal ekonomi baru berkelanjutan (sustainable blue economy).

Adapun bantuan yang diserahkan adalah berupa sarpras rumput laut untuk 14 kelompok, bantuan sarpras polikultur kepada 10 kelompok, bantuan sarpras bandeng 8 kelompok, bantuan sarpras ikan lele 4 kelompok, bantuan sarpras ikan nila 3 kelompok, bantuan sarpras udang 1 kelompok, bantuan kolam terpal dan benih lobster 1 kelompok dengan jumlah 41 kelompok.

Muliati-MaggarisiSaiyye

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *