Kepala Desa Harus Fokus Pada Penanganan Kemiskinan extrem

TAKALAR TOPIKTERKINI.ID,
Demikian kata sekda takalar, H.Muhammad Hasbi saat rakor dengan camat, kepala desa dan lurah sekabupaten takalar baru-baru ini di baruga I Mannindori dahulu ruang pola kantor bupati takalar.
Dikatakan bahwa rakor ini untuk mensinergikan semua program dan menyamakan persepsi antara pemerintah daerah dengan pemerintah kecamatan, kepala desa/kelurahan dalam pembangunan daerah.

Ia juga menjelaskan bahwa perkembangan suatu desa diukur dari indeks desa membangun (IDM).
Dimana ada 3 indeks yang harus diperhatikan sebagai indikator dalam meningkatkan angka IDM di desa yaitu ; indeks ketahanan ekonomi, sosial dan indeks teknologi lingkungan.

Kepada peserta rakor, H.Muhammad Hasbi jelaskan 4 desa tertinggal dilihat dari status perkembangan IDM yaitu desa balangdatu, mattirobaji, rewataya dan desa tompo tanah.

Menindaklanjuti hal tersebut, sekda himbau kepada camat agar segerah melakukan upaya dalam memperbaiki IDM desanya.

H. Hasbi juga menambahkan dengan adanya kebijakan dari pemerintah pusat, kita harus maksimalkan dana yang ada untuk kelancaran pemerintahan.

Tentunya dengan  membangun komunikasi yang baik dan saling menghargai dalam melakukan pekerjaan.

Selain itu, harus fokus pada penanganan kemiskinan extrem dengan melakukan pendataan berapa jumlah miskin extrem yang pendapatannya dibawah10 ribu per kepala keluarga, itulah yang harus tersentuh disegala sektor bantuan termasuk jaminan kesehatan.

Rakor dihadiri kepala PMD sulsel, para Kepala OPD takalar, ketua asosiasi pemerintah desa (Apdesi) takalar.

MaggarisiSaiyye

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *