Dinsos Jeneponto Sosialisasikan PUSKESOS Desa/Lurah di Kecamatan Arungkeke

TOPIKTERKINI.NET, JENEPONTO – Tim Kerja Dinas Sosial Kabupaten Jeneponto yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jeneponto, Nirmala Syuaib laksanakan sosialisasi pembetukan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Desa/Lurah.

Sosialiasi pembetukan Puskesos Desa/Lurah kali ini dilaksanakan di Kecamatan Arungkeke bertempat di Kantor Camat Arungkeke dengan dihadiri oleh Kepala Camat Arungkeke, Alamsyah beserta para Kepala Desa se-Kecamatan Arungkeke, Kamis (11/08/2022).

Dari pantauan di lokasi, Kepala Kecamatan Arungkeke, Alamsyah pertama-tama menjelaskan kepada para Kepala Desa yang saat itu menjadi audience bahwa, kedatangan Dinas Sosial Kabupaten Jeneponto di Kecamatan Arungkeke adalah untuk mensosialisasikan pembentukan Puskesos di setiap Desa di Kecamatan Arungkeke.

“Dinas Sosial hadir di tengah-tengah kita hari ini yaitu dengan tujuan mensosialisasikan pembetukan Puskesos pada setiap Desa yang ada di Kecamatan Arungkeke, selain itu juga Dinas Sosial sekaligus meminta masukan atau respon atas program yang akan kita realisasikan di masing-masing Desa,” ucap Alamsyah.

Selain itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jeneponto, Nirmala Syuaib dalam mengawali sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada Jajaran Pemerintah Kecamatan Arungkeke, hingga ke tingkat Desa.

“Terima kasih pak. Camat atas kesempatannya dan atas kehadiran para Kepala Desa se-Kecamatan Arungkeke, tentunya ini merupakan wujud dari kepedulian kita semua terhadap masyarakat, khususnya di wilayah kita masing-masing,” ucap Nirmala Syuaib.

Setelah itu, Nirmala Syuaib melanjutkan dengan membahas terkait Puskesos Desa/Lurah, dirinya mengatakan bahwa “Puskesos ini merupakan Pusat Kesejahteraan Sosial, yakni sebagai pusat pelayanan untuk masyarakat ditingkat Desa, yang dimana hal ini juga sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Desa ke Dinas Sosial pada khususnya,” ucapnya.

“Para pengurus Puskesos ini dibentuk dan di SK kan sendiri oleh Pemerintah Desa, dengan KAUR Kesejahteraan Sosial yang menjadi koordinatornya dan dibantu oleh Back Office dan Front Office dalam susunan struktural kelembagaan,” sambung Nirmala Syuaib.

“Dengan adanya Puskesos di setiap Desa atau Kelurahan ini, tentunya sangat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan sosial. Masyarakat yang jauh dan memiliki keterbatasan dalam hal kendaraan atau yang lainnya tidak perlu lagi jauh-jauh ke Kota Kabupaten untuk mendapatkan pelayanan sosial, cukup mendatangi kantor Desa atau Lurahnya saja, melaporkan permasalahannya, dan akan dilayani oleh pengurus Puskesos,” sambungnya lagi.

Atas pemaparan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jeneponto tersebut, para Kepala Desa se-Kecamatan Arungkeke memberikan respon positif atas pembentukan Puskesos di setiap Desa dan Kelurahan.

Sebagaimana Kepala Desa Arungkeke, Muh. Amir memberikan respon baiknya terhadap pembentukan Puskesos di setiap Desa. “Hal ini sangat kami dukung, selain masyarakat mudah mendapatkan pelayanan, kami juga Pemerintah Desa akan sangat terbantu dengan adanya Puskesos yang bisa menjadi perpanjangan tangan kami dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat,” pungkas Muh. Amir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *