Penampungan Air Iimbah PG Takalar, Lengkap Dengan IPAL

TAKALAR TOPIKTERKINI.NET,
Pabrik gula hadir di takalar adalah untuk bermanfaat kepada pemerintah dan masyarakat secara imum, bukan untuk mencelakai

Sehingga tidak relevan jika ada isu pembuangan air limbah.

Terlebih selain penampungan air limbah terbuat sedemikian rupa untuk meminimalisir perembesan kepada lingkungan sekitar juga dilengkapi dengan instalasi pengelohan air limbah (IPAL) sehingga tipis sekali kemungkinannya air limbah PG takalar mencemari lingkungan sekitarnya.
Demikian kata menejer pabrik gula takalar diruang kerjanya jumat 8/7.

H.Burhanuddin didampingi KTU PG, Nasir mengatakan bahwa selain diminimalkan pencemarannya dalam penampungan melaui IPAL yang tersediah, juga air limbah sewaktu-waktu dipompa ke kebun dengan harapan, selain memperkecil perembesan yang ada dalam penampungan juga agar tebu yang terkena dengan air limbah itu menjadi subur.

Jadi jika ada issu pencemaran katanya mungkin yang dipompa kekebun itu yang merembes.

Dikatakan H.Burhanuddin bahwa menejemen PG takalar tidak mengenal membuang air limba.

Yang bisa masuk akal itu katanya kalau yang bisa menciptakan keuntungan, tetapi membuang air limbah justru menimbulkan kerugian banyak pihak sehingga sangat tidak mungkin hal itu dilakukan pihak PG takalar.

Sehingga kurang relefan katanya kalu pihak PG takalar dituding membuang air limbah.

Tanpa IPAL saja sejenis PG takalar ketegori pelanggarannya sudah besar sekali, apa lagi kalau ada unsur kesengajaan membuang air limbah sehingga sangat tidak rasional kata- kata membuang air limbah itu.
Membuang air limbah katanya, bukan saja bisa mencelakai banyak tetapi juga mahluk lain bahkan imbasnya bisa kepada kayawan PG, sementara orang yang menggantungkan hidupnya di PG mencai angka diatas 1000.

Tujuan pemerintah membangun pabrik gula katanya adalah untuk bermanfaat kepada masyarakat secara umum bukan untuk mencelakai. (Red)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *